Sabtu, 13 Maret 2010


ETIKA DALAM BIDANG IT

selalu ada etika dimana kita berada. tidak dirumah, dijalan, atau pun dilingkungan dimana sehari-hari kita tinggal. et... jangan salah,, dibidang IT juga ada loh etikanya.. hhmmm.. saya kira cuma hidup kita aja yang bisa diatur.. ternyata teknologi bisa kita atur juga. dimana saat ini yang saya angkat adalah etika didalam bidang IT.. baik data, system, coding, network dan sebagainya, sesuatu yang orang katakan tidak tampak.

ini adalah point yang harus diperhatikan dalam beretika di dalam IT:

1. dimana sekarang adalah teknologi yang sangat kuat dan juga sangat2 super canggih, dimana kemajuan teknologi dalam bidang IT sangat pesat. dan komputer bisa digunakan untuk hal yang buruk atau pun baik. tergantung dari hati nurani user atau penggunanya masing2 dan yang tidak kalah penting adalah hati nurani masing2..

2. standar yang menentukan kegiatan tersebut baik atau buruk. dimana dengan contoh dibawah ini sudah jelas.. mereka2 yang mempuyai skill yang berlebih harus bisa melakukan hal-hal yang membangun. melainkan bukan merusak.

3. moral dimana seseorang hanya bisa merusak dan bukan membangun. dan mengarah kepada penggunaan dan sistem informasi.

4. pembajakan dalam hak cipta, hak karya dan etc.

contoh :
Jika ada orang yang mempunyai skill IT yang baik dan kemudian dengan skill-nya dia melakukan transfer uang dari bank account yang bukan miliknya, maka orang ini sudah dikatakan melanggar etika keprofesionalan IT.

Atau jika ada orang yang melakukan penyerangan terhadap sistem komputer tertentu dengan ‘memasukkan’ virus. Ini sudah melanggar etika pula. Skill yang dimiliki haruslah digunakan untuk sesuatu yang membangun, dan bukan menghancurkan. Apa pun yang kita hadapi, janganlah sampai merusakkan keprofesional bidang dan etika. iya tidak???

ada pun langkah untuk pencegahan dari perusakan atau pembajakan adalah : mendokumentasi, knowledge sharing, sehingga akan ada orang yang mengerti bagaimana sistem bekerja. Dan jika ada masalah dilapangan, ada seseorang yang bisa memperbaikinya. dan membuat wirewall yang kokoh, akan terasa sulit bagi para penyusup untuk melakukan perusakan, dan admin harus tanggap jika ada gejala dimana sistem dalam server sudah ada yang akan menyusup..

ada juga code of product dari IT yang saya pernah baca yaitu :

1. komputer tidak boleh digunakan untuk merusak atau merusak orang lain.
2. pekerja tidak boleh mencampuri kerja komputer orang lain.
3. pekerja tidak boleh mencampuri file komputer orang lain.
4. komputer tidak boleh digunakan untuk mencuri.
5. komputer tidak boleh digunakan untuk membuat kesaksian palsu.
6. pengguna komputer tidak boleh mengkopi atan menggunakan perangkat lunak secara ilegal.
7. pengguna koputer tidak boleh menggunakan fasilitas perangkat lunak orang lain tanpa otoritas.
8. pekerja harus memikirkan dampak sosial dari program dan sistem yang dibuat atau didisain.

Maka, bagi rekan-rekan yang membaca artikel diblog saya ini, mari kita sama-sama membangun level keprofesionalan yang tinggi dan baik, yang akhirnya akan selalu memberi sifat membangun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar