Sabtu, 16 Oktober 2010

budaya facebook mahasiswa

Beberapa tahun belakangan ini kita sering mendengar tentang social networking facebook yang fungsinya kira kira hampir sama dengan Friendster. Hampir semua orang membicarakan facebook, di tempat chating di forum di kantin di lapang upacara di WC bahkan di kuburan pun orang orang berbicara tentang Facebook. Sampai sampai si Igor Saykoji bikin lagi yang judulnya “Online” dimana didalam liriknya disebutkan “pagi pagi buka facebook padahal face masih ngantuk”. Hal tersebut membuat saya semakin penasaran sampe gak enak makan gak nyenyak tidur terus terusan mikirin apa sih sebenernya facebook itu? saya pergi ke warnet buat nyari tentang facebook yang ramai dibicarakan orang orang itu. Semoga berguna buat para pembaca pada umumnya dan saya pada khususnya...

Sebelum jauh membahas tentang facebook, saya tulis dulu sedikit sejarah berdirinya facebook ya =).

Facebook pertama didirikan pada tahun 2004 oleh seorang Mahasiswa Harvard University yang bernama Mark Zuckerberg. Pada awalnya facebook ini dibuat hanya untuk kalangan terbatas yaitu untuk mahasiswa Harvard. Namun sekarang facebook telah dibuka keanggotaanya untuk umum. Mark yang memang hobi mengotak-atik program pembuatan website berhasil menulis kode orisinal Facebook dari kamar asramanya. Untuk membuat situs ini, ia hanya butuh waktu sekitar dua mingguan. Mendapati Facebook mampu menjadi magnet yang kuat untuk menarik banyak orang bergabung, ia memutuskan mengikuti jejak seniornya-Bill Gates-memilih drop out untuk menyeriusi situsnya itu. Bersama tiga rekannya-andre McCollum, Dustin Moskovitz, dan Chris Hughes-Mark kemudian membuka keanggotaan Facebook untuk umum. Dan sekarang Mark Zuckerberg dinobatkan sebagai orang terkaya ke 4 versi majalah Forbes. Kekayaannya disebutkan 'hanya' 1,5 miliar dolar AS (Rp 13,6 triliun). Namun Zuckerberg baru berusia 23 tahun. Untuk Mengetahui Sejarah lengkapnya kamu bisa baca DISINI atau DISANA.

Untuk saat ini , Facebook telah memiliki jumlah keanggotaan lebih dari 64 juta anggota aktif. Jumlah tersebut merupakan yang paling banyak diantara situs-situs web lain yang bergerak di bidang sekolah/perguruan tinggi di dunia. Dalam tempo 1 tahun, peringkat Facebook naik dari 60 menjadi poringkat 7 sebagai website yang paling banyak dikunjungi setiap harinya. Sedangkan sebagai situs foto, Facebook telah melampaui Flickr dengan jumlah foto 8,5 juta foto setiap harinya. Menurut info, para pengguna di amrik and eropa sana udah pada pindah ke facebook. Sedangkan Friendster hanya diramaikan oleh orang Indonesia, Brunei, Malaysia, Philipina, Singapura (baca:Cuma Asean).

Untuk para mahasiswa yang telalu memanjakan diri didepan monitor komputer dan online kapan saja dan dimana saja. hal negatif yang saya tangkap untuk halayak umum adalah, berhati-hatilah karena budaya facebook semakin mengerikan. contohnya: ada seorang karyawan dipecat karena tidak bekerja melainkan hanya mengaktifkan facebook, dan sekarang-sekarang ini makin banyak penculikan via dunia maya atau dengan facebook dikarenakan jejaring sosial ini tidak hanya mencakup nasional saja atau indonesia melainkan seluruh dunia.

untuk hal positifnya kita bisa dan masih menjalin tali silahturahmi dengan kawan atau teman lama, bukan tidak mungkin saya saja sebagai penulis merasa terbantu dengan adanya facebook. kawan lama saya sewaktu SD, SMP, SMA dipertemukan kembali via facebook. jadi bagi saya facebook sangat membantu, baik dari menjalin silahturahmi atau sekedar mencari informasi yang kita butuhkan.

jadi kesimpulan yang saya tangkap dari jejaring sosial facebook ini adalah semua tergantung dari pengguna, user atau individual masing-masing mau bagaimana menjalankan facebook ini. mau dibuat menjadi negatif dan positifnya facebook tergantung hati dan nurani individual masing-masing. so, mau bagaimana sekarang terserah anda yang membuat facebook menjadi apa???

Tidak ada komentar:

Posting Komentar